Thursday, 18-08-2022
  • Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan -Imam Syafi'i

Edukasi dan Evakuasi Gempa Bumi sebagai Mitigasi Bencana di SMKN 1 Pengasih

Diterbitkan : - Kategori : Berita Terbaru

Edukasi dan Evakuasi Gempa Bumi sebagai Mitigasi Bencana di SMKN 1 Pengasih
Jumat, 15 Juli 2022

Pembina pramuka dan pembina OSIS SMKN 1 Pengasih mengadakan simulasi siaga bencana di SMKN 1 Pengasih. Kegiatan ini merupakan kegiatan pramuka kelas XI dan salah satu rangkaian kegiatan MPLS Kelas XI.

Simulasi diikuti oleh seluruh siswa kelas XI. Simulasi diawali dengan sirene pertama berbunyi kurang lebih satu menit sebagai petanda adanya gempa bumi. Siswa yang berada di dalam ruang kelas diminta berlindung di bawah meja. Untuk siswa yang di luar ruangan diminta untuk menjauhi gedung tinggi, pohon besar, dan tiang listrik, atau bisa langsung menuju ke titik kumpul.

Ketika sirene kedua berbunyi, siswa yang di dalam gedung diminta untuk menyelamatkan diri keluar gedung/ruangan dengan cara melindungi kepala dengan tas/buku kemudian menuju ke titik kumpul dengan mengikuti petunjuk jalur evakuasi.

Setiap kelas menyiapkan empat orang sebagai volunteer (tenaga sukarela) yang membantu menyelamatkan temenya jika ada yang terluka.
Ketika sampai di titik kumpul, siswa bergerombol dengan kelompoknya dan salah satu volunteer setiap kelas melaporkan jumlah anggotanya kepada pembina.Pembina akan mencatat jumlah anak (selamat/luka)

Selain simulasi bencana gempa bumi, diadakan pula simulasi memadamkan api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Editor : Istiyani, S.Pd. & Linda, S.Pd.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan