Thursday, 25-11-2021
  • Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan -Imam Syafi'i

Tata Busana

Apa itu Program Keahlian Tata Busana?

Program Keahlian Tata Busana adalah  Salah satu Program Keahlian dalam kelompok Pariwisata. Merupakan Program Keahlian bagi mereka yang ingin mengembangkan bakat dan minatnya dalam bidang tata busana/jahit menjahit, sampai dengan membuat produk yang berkualitas. Pada intinya jurusan ini mengakomodir para siswa yang memiliki minat dalam hal fashion.

Apa yang dipelajari di Program Keahlian Tata Busana?
(Materi Kejuruan)

§1  Pengetahuan Bahan Tekstil : Mata Pelajaran ini mempelajari macam-macam serat kain dan pemeliharaannya, sehingga siswa di tuntut untuk dapat mengidentifikasi pembuatan serat kain, penggunaan serat kain sebagai fashion, dan pemeliharaannya.

§2 Dasar Desain dan Desain Busana : Mata pelajaran ini mempelajari tentang pengertian desain busana, unsur desain busana, pewarnaan pada   tekstil, Proporsi tubuh, Kolase busana, Menciptakan desain baru berbagai busana sesuai dengan kolase, dengan gambar manual maupun dengan komputer, sehingga siswa dapat berkiprah menjadi desainer/Perancang busana.

§3 Pembuatan Pola :Mata pelajaran ini mempelajari tentang pembuatan berbagai macam pola busana, Pembuatan pola dasar tubuh berbagai macam sistem, Pecah pola berbagai macam pembuatan busana baik secara manual maupun secara computer

§4 Pembuatan Busana Custom Made: Mata pelajaran ini mempelajari tentang pembuatan busana dengan teknik butik/ Houte Couture sesuai dengan ukuran pelanggan, sehingga siswa dituntut untuk menjahit dengan teknik yang halus

§5 Pembuatan Busana Industri: Pada mata pelajaran ini mempelajari tentang pembuatan busana dengan teknik garmen, sehingga nantinya siswa mengetahui proses produksi industri garmen.

§6 Pembuatan Hiasan Busana: Pada Mata pelajaran ini siswa mempelajari tentang pembuatan hiasan busana seperti bordir, berbagai macam sulaman, seperti sulaman fantasi, sulaman aplikasi, sulaman bayangan dan sebagainya.

§7 Produk Kreatif Kewirausahaan: Pada mata pelajaran ini siswa di bekali untuk membuka usaha sendiri sehingga siswa harus bisa membuat produk yang berkualitas

PKL

Salah satu yang membedakan antara SMK dan SMA adalah di SMK ada pembelajaran  PKL (Praktek Kerja Lapangan) §PKL merupakan bentuk implementasi sistematis kegiatan pembelajaran yang dilakukan di dunia usaha/dunia industri untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

§Untuk Tata Busana PKL bisa dilaksanakan di Garment, Konveksi, Butik, Tailor, Modiste maupun du/di yang ada kaitannya dengan Kompetensi Keahlian Tata Busana

§Penyelenggaraan praktik kerja lapangan di SMKN 1 Pengasih pada kondisi normal dilaksanakan dengan pola 6 bulan, Sedangkan untuk pandemi covid menyesuaikan dengan kondisi

§Dalam pelaksanaan PKL, penilaian diserahkan kepada dunia usaha/dunia industri yang digunakan oleh peserta didik melaksanakan praktik kerja lapangan.

Lulusan Tata Busana SMK bisa bekerja sebagai apa?

§1 Fashion Designer: Lulusan SMK jurusan tata busana SMK Negeri 1 Pengasih bisa menjadi seorang fashion designer. Pekerjaannya adalah merancang busana. Kalian bisa bekerja dengan orang lain atau bekerja secara mandiri dengan membuat brand sendiri.

§2 Fashion Merchandising:Tugas seorang fashion merchandising sebenarnya hampir sama dengan tugas seorang marketing, yaitu melakukan perencanaan promosi yang terorganisir pada sebuah industri/Pabrik

§3 Merchandise Design: Atau disebut juga visual merchandiser. Tugasnya adalah menampilkan produk dengan visual yang menarik agar sesuai dengan tema dan mampu menarik pembeli biasanya bekerja pada industri/Pabrik.

§4 Jurnalis Fashion: Peluang atau prospek kerja tata busana yang berikutnya adalah jurnalis fashion. Kamu bisa bekerja di sebuah industri media dan menulis rubrik khusus fashion.

§Fashion Consultant: Kalian juga bisa menjadi seorang fashion consultant. Pekerjaan ini berkaitan dengan memberikan pertimbangan fashion yang sebaiknya dipilih untuk konsumen butik.

§6 Fashion Stylist:Fashion stylist biasanya dibutuhkan oleh para selebriti dan fotografer untuk menentukan pakaian yang tepat untuk dikenakan.

§7 Desainer Pabrik Garmen: Kalian bisa menjadi seorang fashion designer, yang tugasnya merancang busana untuk sebuah pabrik garment

§8 Pattern Marker : Kalian bisa menjadi Pembuat Pola baik di industri Garment maupun Butik

§9 Sewing Operator : Kalian bisa menjadi operator jahit pada industri Garment maupun Butik

§10 Penjahit/ Pengusaha: Peluang atau prospek kerja tata busana yang berikutnya adalah menjadi seorang wirausaha. Kamu bisa membeli peralatan menjahit kemudian menerima pesanan jahitan.

Profil Guru Produktif Tata Busana

Berikut Daftar nama Guru Mata Pelajaran Produktif (Kejuruan) Tata Busana:

Rima Sukesi, S. Pd

Astutiningsih, S.Pd

Sri Mulatsih, S.Pd

Hartiyati, S. Pd Budi Susmianto, S. Pd

Profil Guru Tata Busana

Ibu Rima Sukesi, S.Pd
 Mengajar Mapel :
1. Pembuatan Pola Kelas X
2. Pembuatan Busana  Costum Made Kelas XII

Ibu Astutiningsih, S.Pd
Mengajar Mapel :
1. Pembuatan Hiasan Busana  Kelas XI
2. Pembuatan Busana Costum  Made  Kelas XI

Ibu Sri Mulatsih, S.Pd
Mengajar Mapel :
1. Tekhnologi Menjahit Kelas X
2. Busana Industri Kelas XI
3. Busana Industri  Kelas XII

Bpk Budi Susmianto, S.Pd
Mengajar Mapel:
1.  Dasar Desain Kelas X
2. Pengetahuan Bahan Tekstil Kelas X
3. Desain Busana Kelas XI
4. Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XII

Fasilitas Ruang Praktek

Fasilitas untuk Program Keahlian Tata Busana diantaranya adalah:

§1. Fasilitas Ruang Praktek Tata Busana/Lab

Tata Busana memiliki 3 ruang praktek yaitu

1) Ruang 112

2) Ruang 117

3) Ruang 124

Fasilitas Peralatan

2. Fasilitas Peralatan

    Peralatan praktek tata busana diantaranya adalah

1.Mesin jahit : Mesin jahit high speed, Mesin Jahit Lockstitch dengan Pemotong Benang Otomatis

2. Mesin Penyelesaian: Mesin obrashigh speed, MesMesin Jahit Lubang Kancing (Buttonholing Machine), Mesin  Pasang Kancing (Shape Stitch Button Sewing Machine)

3. Mesin untuk membuat hiasan Busana: Mesin Bordir 12 warna (Embroidery Sewing Machine) dengan system computer Mesin bordir portable

4. Alat Pengepresan: q Seterika (steam iron) q Seterika uap berdiri(garment steamer) q Seterika uap industry q Steamer press Dan peralatan lain yang menunjang  KBM produk Tata Busana

Video Gambaran KBM praktek di Lab Tata Busana SMK N 1 Pengasih
(By Astutiningsih, S.Pd)