Info Sekolah
Jumat, 13 Sep 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
6 September 2024

Kunjungan Kwarda DIY dalam rangka Peninjauan Pramuka Istimewa di Gugus Depan SMKN 1 Pengasih

Jum, 6 September 2024 Dibaca 10x Berita Terbaru

Kulon Progo, 30 Agustus 2024 – Gugus Depan SMKN 1 Pengasih mendapat kunjungan dari Kwartir Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka peninjauan Pramuka Istimewa. Kunjungan ini merupakan kegiatan peninjauan dalam rangka uji coba penerapan Syarat Kecakapan Pramuka Istimewa yang telah berlangsung di gugus depan SMKN 1 Pengasih. Kegiatan ini dihadiri oleh kakak-kakak dari Kwarda DIY diantaranya Kak Prof. Suwarsih Madya, P.Hd., kak Barozi, kak Agung Udayana, kak Edy Hari, kak Respati Pratiwi, kak Th. Dharmayanti, kak Sri Winarni, kak Ika Praseto, dan kak Suraji Widarto, sedangkan Dari Kwartir Cabang Kulon Progo dihadiri oleh kak Mudopati, kak Wahono dan kak Sri Ningsih Hadijanto.
Kegiatan diawali dengan pembukaa, sambutan dari kamabigus SMKN 1 Pengasih, dilanjutkan paparan materi oleh sangga kerja dan pembina, mengenai kegiatan pramuka di SMKN 1 Pengasih, tanggapan dari Kwarda DIY, dan diakhiri berkeliling meninjuan kegiatan lapangan.
Kak Waryanto, S.Pd. selaku kamabigus SMKN 1 Pengasih dalam sambutannya menegaskan bahwa SMKN 1 Pengasih menyambut baik adanya kebijakan Pramukla Istimewa, karena beberapa kegiatan pramuka yang telah berlangsung selama ini telah terintegrasi dengan Pramuka Istimewa. dan siap untuk melaksanakan pramuka Istimewa
Pemaparan kegiatan pramuka diSMKN 1 Pengasih disampaikan oleh kak Naza (sanggakerja) , sedangkan pemaparan tentang strategi pencapaian pramuka Istimewa oleh kak Prapti (Pembina).
Tanggapan dari pihak kwarda DIY oleh Prof. Suwarsih Madya, P.Hd. dalam tanggapannya sangat mengapresiasi kegiatan pramuka di SMKN 1 Pengasih khsususnya yang telah terintegrasi dengan Pramuka Istimewa telah banyak yang berjalan selama ini. Beliau menambahkan bahwa akan lebih baik jika mulai dibangun kolaborasi kegiatan yang tidak hanya berfokus pada 1 tema kegiatan, tapi setiap siswa diberikan kebebasan memilih sub tema kegiatan sesuai tema yang telah ditentukan, sehingga akan terjalin intensitas komunikasi sehingga dapat menambah ketrampilan sosial, komunikasi, sosiologi, kemampuan literasi, tanpa meninggalkan identitas dan kebudayaan mereka.
Kegiatan diakhiri dengan penutup dan berkeliling didampingi oleh Pembina pramuka dalam meninjau kegiatan pramuka yang dilaksanakan oleh adik-adik bersama kakak sangga kerja. Peninjauan kegiatan karawitan, pembuatn peningset, dan ujian SKPI pada pin tari tradisional.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar