Info Sekolah
Jumat, 15 Nov 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan

Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran

OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN

Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran/OTKP SMK Negeri 1 Pengasih, membuka kelas pertama sejak tahun berdiri tahun 1968 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 162/UKK3/1968 tanggal 2 Januari 1968 dengan membuka , dua jurusan yaitu Jurusan Tata Buku dan Tata Usaha. Pada saat berdiri di tahun 1968, bernama Jurusan Tata Usaha, yang sekarang berganti nama menjadi Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran/OTKP.

Saat ini, Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Pengasih telah terakreditasi A. Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK N 1 Pengasih memiliki tujuan, yaitu :

  1. Mempersiapkan peserta didik agar memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosialnya.
  2. Mempersiapkan peserta didik dengan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya agar menjadi insan yang mandiri, memiliki jiwa wirausaha, kreatif, dan dapat beradaptasi di lingkungan kerja
  3. Mempersiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan kongkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah
  4. Menyiapkan tenaga terampil tingkat menengah bidang Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
  5. Untuk menyiapkan siswa memasuki dunia kerja/dunia industri, yang tersertifikasioleh Lembaga Sertifikasi Profesi yang meliputi kompetensi : Teknologi Perkantoran, Korespondensi, Kearsipan, Tata Kelola Kepegawaian, Tata Kelola Keuangan, Tata Kelola Sarana dan Prasarana, Tata Kelola Humas dan Keprotokolan,

Sampai saat ini, ruang laboratorium Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran terdiri dari 2 ruang yaitu Laboratorium Komputer Administrasi Perkantoran dan Laboratorium Praktik Manual Administrasi Perkantoran. Laboratorium Komputer Administrasi Perkantoran terdiri dari 36 komputer, LCD, Ruang instruktur, Ruang ATK, meja kursi sekretaris, dan seperangkat telephone antar ruang/airphone

Kompetensi Keahlian OTKP mempelajari segala jenis kegiatan kantor. Mulai dari pembukuan, pengarsipan, hingga public relations. Mayoritas lulusannya bekerja di lingkungan perkantoran dengan peran diantaranya menjaga kelancaran operasional kantor sehari-hari termasuk bertindak sebagai perantara dari karyawan dan pimpinan perusahaan ataupun dengan pihak di luar kantor. Bagi para lulusan yang berminat di bidang seni bisa bekerja di berbagai galeri, gedung pameran dan teater, mengatur kelancaran operasional sehari-hari serta mengkoordinir acara-acara/event jika ada.

Kompetensi yang diberikan bagi peserta didik diantaranya pengetahuan dan keteramilan dalam bidang korespondensi, manajemen kearsipan, mengetik 10 jari, kemampuan membuat surat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, kemampuan berbahasa Inggris, kemampuan dalam bidang ketatausahaan, humas, dan lain-lain.

Dengan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan  Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran diharapkan dapat menghasilkan pekerja yang bertanggung jawab dalam mengatur aktifitas perusahaan dan perantara antara atasan dengan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan atasan.

Di lapangan, profesi bidang administrasi perkantoran seperti sekretaris, staf administrasi bahkan resepsionis identik dengan perempuan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa profesi di atas juga dikerjakan oleh seorang pria. Pekerjaan administrasi membutuhkan tingkat ketelitian dan kerapihan yang tinggi. Sehingga pada saat proses kegiatan belajar mengajar di kelas, siswa dididik untuk melaksanakan setiap kegiatan pembelajaran dengan penuh kedisiplinan dan ketelitian. 

Kelulusan dan Prospek Alumni:

Prospek Alumni OTKP selain dapat melanjutkan kuliah, bisa juga bekerja pada bidang antara lain :

  1. Sekretaris menengah
  2. Staff administrasi
  3. Resepsionis
  4. Event organizer
  5. Wirausahawan

Struktur Organisasi Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Ketua Kompetensi Keahlian  : Rina Ariyani, S.Pd.

Kepala Bengkel/Laboratorium : Dra. Nurmiyati

Guru Mapel Kompetensi Keahlian OTKP:

  1. Drs. Bambang Subandrio
  2. Rina Ariyani, S.Pd.
  3. Tina Haryanti, S.Pd. M.Pd.
  4. Riqi Diana S.Pd.
  5. Sumiyati, S.Pd.
  6. Dwi Artati, S.Pd.
  7. Drs. Tuhadi