Info Sekolah
Sabtu, 27 Jul 2024
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
3 Februari 2022

Kelas XI Perhotelan SMKN 1 Pengasih Melakukan Pembelajaran di Luar Kelas

Kam, 3 Februari 2022 Dibaca 224x Berita Terbaru

Kamis, 3 Februari 2022

Siswa kelas XI Perhotelan SMKN 1 Pengasih melaksanakan kegiatan pembelajaran luar kelas di Hotel Grand Rohan Yogyakarta pada hari Kamis, 3 Februari 2022 (03/02/2022). Kegiatan ini diikuti oleh 36 siswa dan didampingi oleh empat orang guru. Selain itu, dalam kegiatan ini Bapak Drs. Awaludin Abdylloh Jawahir, M.Pd. selaku pengawas SMK Kulon Progo dan Bapak Drs. Sarno, M. Pd. selaku pengawas sekolah juga turut serta.

Dalam kunjungan ini, siswa dan Bapak/Ibu Guru disambut oleh Bapak Asmoro Handrianto selaku General Manager Grand Rohan Hotel. Kegiatan kunjungan hotel ini meliputi kegiatan tour hotel, making bed, demo kichen, dan table manner. Etika saat jamuan makan atau table manner adalah pengetahuan tentang cara makan yang baik dan benar. Selain itu, table manner juga bertujuan untuk mengetahui pengetahuan penggunaan alat-alat makan di atas meja serta mengetahui cara menata meja untuk keperluan makan sesuai dengan urutan menu yang disiapkan.

Bapak Wagiman, S. Pd., M. Pd. selaku Plt. Kepala Sekolah SMKN 1 Pengasig menyampaikan bahwa “anak-anak perlu mempraktikkan kegiatan pembelajaran di luar kelas. Harapan dari kegiatan ini, anak-anak dapat memperoleh pengalaman di dunia kerja dan anak-anak juga memperoleh kompetensi yang terkait dengan perhotelan sehingga anak-anak bisa mempersiapkan sikap dan keterampilan di dunia kerja dan menyelaraskan pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas.”

Ibu Widya Weni Susanti, S.ST.Par. selaku ketua jurusan perhotelan menyampaikan bahwa “tujuan dari pembelajaran di luar kelas ini yang pertama table manner atau belajar tata cara makan secara internasional juga bagiamana table set upnya. Yang kedua tour hotel untuk pengenalan di dunia perhotelan itu ada berapa departemen yang hubungannya nanti dengan anak prakerin. Jadi, anak paham mereka harus masuk ke departemen apa, yang dipelajari apa saja. Housekeeping tugasnya apa, front office, food and beverage, accounting akan disampaikan semua di hotel. Selain itu, disampaikan demo menata tempat tidur, dan demo kichen.” Bayu Candra Andika, salah satu siswa kelas XI Perhotelan yang mengkikuti kegiatan ini menyampaikan “sangat senang dengan adanya kegiatan ini, kami bisa mengetahui tata cara making bed, table maner, dan bisa melihat bagaimana koki hotel menyiapan makanan.”

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar